- Pengertian Indikator
Indikator merupakan penanda
pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai
dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi
daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.
Menurut
WHO, indikator merupakan variabel yang bisa membantu kita dalam kegiatan
pengukuran berbagai macam perubahan yang terjadi baik secara langsung ataupun
tidak langsung. Sedangkan menurut Darwin Syah, Indikator merupakan tanda ataupun
ciri yang menunjukkan siswa telah mampu memenuhi standar kompetensi yang
diterapkan/berlaku.
Dari berbagai definisi di atas,
dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian
indikator adalah setiap karakteristik, ciri, ataupun ukuran yang dapat
menunjukkan perubahan yang terjadi pada suatu bidang tertentu. Indikator sangat
diperlukan agar setiap pelaku sebuah kegiatan dapat mengetahui sejauh mana
kegiatan yang dilakukannya telah berkembang/berubah.
Indikator dapat diartikan sebagai sebuah statistik dari
berbagai hal yang bersifat normatif yang menjadi perhatian utama kita yang bisa
membantu kita dalam membuat berbagai penilaian ringkas, komprehensif, dan
berimbang terhadap berbagai macam kondisi dan juga berbagai macam aspek penting
yang ada dalam kehidupan masyarakat.
Dalam
mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan: (1) tuntutan kompetensi yang
dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam KD; (2) karakteristik
mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah; dan (3) potensi dan kebutuhan
peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah.
Dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian, terdapat dua
rumusan indikator, yaitu: (1) indikator pencapaian kompetensi yang dikenal
sebagai indikator; dan (2) indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun
kisi-kisi dan menulis soal yang di kenal sebagai indikator soal.
Indikator dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan menggunakan
kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua hal
yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi.
- Fungsi Indikator
Indikator mempunyai beberapa fungsi dalam pembelajaran,
diantaranya adalah sebagai berikut:
- Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.
Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan
indikator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat
memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai
dengan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik,
sekolah, serta lingkungan.
- Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar
kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran
hendaknya sesuai dengan indikator yang dikembangkan, karena indikator dapat
memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai
kompetensi. Indikator yang menuntut kompetensi dominan pada aspek prosedural
menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan tidak dengan strategi
ekspositori melainkan lebih tepat dengan strategi discovery- inquiry.
- Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.
Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang
pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus
sesuai tuntutan indikator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi
secara maksimal.
- Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan,
serta mengevaluasi hasil belajar, Rancangan penilaian memberikan acuan dalam
menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian.
Pengembangan indikator penilaian harus mengacu pada indikator pencapaian yang
dikembangkan sesuai dengan tuntutan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
- Manfaat Indikator
Ada beberapa manfaat dari adanya sebuah indicator,
diantaranya sebagai berikut:
- Bagi guru dalam mengembangkan kisi-kisi penilaian yang dilakukan melalui tes (tes tertulis seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester, tes praktik, dan/atau tes perbuatan) maupun non-tes;
- Bagi peserta didik dalam mempersiapkan diri mengikuti penilaian tes maupun non-tes. Dengan demikian siswa dapat melakukan self assessment untuk mengukur kemampuan diri sebelum mengikuti penilaian sesungguhnya;
- Bagi pimpinan sekolah dalam memantau dan mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian di kelas; dan
- Bagi orang tua dan masyarakat dalam upaya mendorong pencapaian kompetensi siswa lebih maksimal.
- Penyusunan Indikator Bahasa Asing untuk Anak
Dalam penyusunan indikator bahasa asing untuk anak hal
pertama yang haruslah diperhatikan terlebih dahulu adalah hal-hal atau apa saja yang sudah
bisa dilakukan anak dalam hal bahasa ketika usia tertentu. Dalam hal ini dapat dilihat dari
kurikulum yang sedang dipakai oleh sekolah saat ini. Indikator mengacu
berdasarkan kurikulum 2013 yang saat ini digunakan.
Secara umum
dalam merumuskan indikator perlu diperhatikan beberapa ketentuan sebagai
berikut:
- Setiap kompetensi dasar dikembangkan sekurang- kurangnya menjadi tiga indikator
- Keseluruhan indikator memenuhi tuntutan kompetensi yang tertuang dalam kata kerja yang digunakan dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar. Indikator harus mencapai tingkat kompetensi minimal kompetensi dasar dan dapat dikembangkan melebihi kompetensi minimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik.
- Indikator yang dikembangkan harus menggambarkan isi kompetensi.
- Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua aspek, yaitu tingkat kompetensi dan materi pembelajaran.
- Indikator harus dapat mengakomodir karakteristik mata pelajaran sehingga menggunakan kata kerja operasional yang sesuai.
- Rumusan indikator dapat dikembangkan menjadi beberapa indikator penilaian yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan/atau psikomotorik.
- Landasan Teori Kegiatan dan Evaluasi
Kegiatan yang dilaksanakan dalam pembelajaran
anak usia dini dilandaskan
pada anak usia dini belajar sambil bermain secara holistik. Anak usia dini cenderung lebih
aktif dan lebih tertarik untuk belajar apabila dilaksanakan sambil bermain
mengingat usia mereka yang masih cenderung suka bermain. Anak usia dini dapat
belajar, mengingat, serta menyerap apa yang mereka pelajari dengan cepat karena
perkembangan otak mereka yang berkembang sangat pesat saat usia dini. Oleh
karena itu, masa usia dini sering juga disebut masa golden age.
Kegiatan harus
efektif, efisien, dan menarik. Kegiatan didasarkan
indikator serta disesuaikan dengan tema yang ada. Dalam kegiatan evaluasi terdapat teknik penilaian yang biasa dilakukan di
PAUD yaitu:
- Observasi
- Catatan Anekdot
- Percakapan
- Unjuk Kerja, dan
- Hasil Karya
Berikut penjabaran dari kompetensi, indicator, kegiatan dan
evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran bahasa asing untuk anak:
kompetensi
|
indikator
|
kegiatan
|
evaluasi
|
|
4-5 tahun
|
5-6 tahun
|
|||
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap santun serta menghormati Tuhan dan Sesama
(KI 1 dan KI 2)
|
Terbiasa
ramah menyapa guru atau teman dan membalas sapaan dengan hello, good bye, dan
good morning minimal 1 hari setiap minggu.
|
Terbiasa
ramah menyapa guru atau teman dan membalas sapaan dengan how are you, I am
happy, I am sad, I am sleepy, I am angry (kata sifat lainnya) minimal 1 hari
setiap minggu.
|
Menanyi, Tanya Jawab
|
Unjuk Kerja, Percakapan
|
Terbiasa menirukan doa secara sederhana
dengan menggunakan bahasa Inggris minimal 1
hari dalam 1 minggu
|
Demonstrasi
|
Observasi
|
||
Terbiasa ijin ke kamar mandi dengan
menggunakan bahasa Ingris minimal 1 hari dalam 1 mingu
|
Demonstrasi
|
Percakapan
|
||
Memahami dan menunjukkan kemampuan
bahasa reseptif
|
Mampu
mendengarkan dan memahami ketiika guru atau teman bernyanyi, bercerita, dan
bersajak dalam bahasa inggris.
|
Bernyanyi, Bercerita, Bersajak
|
Unjuk Kerja
|
|
Memahami animasi atau film sederhana
dalam bahasa inggris
|
Menonton video animasi atau film pendek
|
Observasi
|
||
Mampu memahami dan menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif
|
Mampu
mengucapkan kembali dengan benar >5 kata yang baru didengar dan memahami
artinya
|
Mampu
mengucapkan kembali dengan benar >5 kata yang baru didengarnya dan mampu
membuat frasa atau kalimat bahasa inggris sederhana.
|
Bermain Peran, Show and Tell, Bernyanyi.
|
Observervasi, Unjuk Kerja, Percakapan.
|
Mampu menyebutkan >3 kata dalam
bahasa Inggris secara benar dari 6 kartu bergambar
|
Mampu menyebutkan >5 kata dalam
bahasa Inggris secara benar dari 10 kartu bergambar
|
Games Kartu Bergambar
|
Observasi, Cataran Anekdot
|
|
Memahami percakapan sederhana
|
Mampu membalas percakapan sederhana
|
Bermain Peran, Bercerita
|
Observasi, Cataran Anekdot
|
|
Mampu memahami dan menunjukkan kemampuan
berbahasa ekspresif
|
Mampu membilang
angka 1-10 dengan bahasa Ingris
|
Mampu membilang angka 1-20 dengan bahasa Ingris
|
Bernyanyi, Games, Kerajinan Tangan
|
Unjuk Kerja, Observasi, Hasil Karya
|
Mampu menyebutkan dan memahami minimal 4 warna dalam bahasa
Ingris
|
Mampu menyebutkann dan memahami minimal
7 warna dalam bahasa Inggris
|
Games, Kerajinan Tangan
|
Observasi, Hasil Karya
|
|
Percaya diri dalam mengungkapkan kembali
apa yang telah dipelajari mengenai bahasa Ingrris
|
Percaya diri dalam mengekspresikan diri dalam bahasa Inggris
sederhana (bernyanyi, bercerita, bersajak, bermain peran, dll)
|
Bermain Peran, Bercerita, Musik dan
Gerak, Show and Tell, Sajak
|
Observasi, Catatan Anekdot
|
|
Mengenal keaksaraan awal
|
Mampu
menyebutkan lambang huruf dalam bahasa Inggris secara urut.
|
Mampu menyebutkan
dan menunjuk lambang huruf dalam bahasa Inggris secara acak (Spelling).
|
Menanyi, Games
|
Unjuk Kerja, Observasi
|
|
Mampu menyebutkan minimal 1 benda di
sekitarnya dengan huruf awal A-Z (pilih salah satu)
|
Menanyi, Games
|
Observasi
|
|
Menghasilkan sebuah karya dalam sebuah
tema tentang bahasa Inggris
|
Menciptakan suatu karya (menggambar,
melipat, menempel, dll) dengan huruf awal tertentu (A untuk Apple, Ant,
Alligator)
|
Kerajinan Tangan
|
Hasil Karya
|
Berikut ini daftar indikator untuk sekolah yang memiliki kelas
khusus untuk bahasa Inggris.
Rubric percakapan singkat
|
Cakap
6,0 5,5
|
Dasar
5,0
|
Minimal
4,5 4,0
|
Skor
/24
|
Pemahaman
|
·
Murid
memberikan respons yang mendetail dan dapat dipahami, yang menunjukkan bahwa
dia memahami pertanyaannya
·
Responsnya
sepanjang 5 kalimat atau lebih
|
·
Murid
memberikan respons yang baku namun dapat dipahami, yang menunjukkan bahwa dia
memahami pertanyaan
·
Responsnya
menjawab pertanyaan, namun tidak menyeluruh atau mendetail seperti murid yang
cakap
·
Murid mungkin
tidak mampu memberikan 5 kalimat atau respon yang lebih lengkap seperti yang
diminta
|
·
Murid
memberikan respons yang tidaklengkap dan tidak mendetail
·
Responsnya
sepanjang 3 kalimat atau kurang dari itu
|
/6
|
Ketelitian
|
·
Kesalahan
gramatikanya sedikit sekali atau tidak ada sama sekali
·
Murid dapat
mengoreksi sendiri kesalahannya
|
·
Kesalahan
gramatikanya kelihatan sekali, tetapi jawabannya masih dapat dipahami
·
Terdapat
beberapa kesalahan dalam konjungsi kata kerja, pemakaian kata benda dan kata
sifat, dan lain-lain, yang tipikal dengan tingkat perkembangan murid
|
·
Murid tidak
membuat konjugasi kata kerja dengan benar secarakonsisten. Pemakaian kata
benda dan kata sifat serta gramatika lainnya juga menjadi masalah
·
Keslahan
gramatika mulaimengganggu pendengar sehingga tidak memahami makna kalimat
yang disampaikan oleh murid
|
/6
|
Kefasihan
|
·
Murid
memberikan respons yang bervariasi.
Jeda dalam ucapannya tidak mengganggu responsnya
·
Kalimat-kalimat
lebih kompleks, tidak pendek dan terputus-putus
|
·
Beberapa
kalimatnya bervariasi, namun yang lainnya mengandung banyak jeda yang
mengganggu dan tersendat-sendat
·
Beberepa
kalimatnya mungkin dimulai dengan yang pendek-pendek dan terputus-putus
|
·
Murid
berbicara dengan terputus-putus da nada terlalu banyakjeda panjang sehingga
mengganggu kemampuan pendengar untuk mengikuti apa yang sedang disampaikan
oleh murid
·
Sebagian besar
kalimatnya pendek dan terputus-putus
|
/6
|
Pelafalan
|
·
Murid
melafalkannya dengan tepat
|
·
Murid
melafalkan sebagian besar kata-kata dalam jawabannya dengan benar
|
·
Murid keliru
melafalkan banyak kata dalam jawabannya
|
/6
|
kak, boleh saya tahu dimana dapat indikator bahasa asing yang di atas? saya mau kutip di skripsi saya, tapi saya gak boleh ambil dari blogspot kak.
BalasHapusselamat sore ka, boleh tau referensi nya darimana? saya ingin kutip tetapi tidak boleh dari blogspot.
BalasHapus